Ekonomi Manajerial
Tulisan ini dirangkai
untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester Ekonomi Manajerial
Ana
Tyas Yuliasari / 2016020159
Dosen
Pengampu: Dr. Supawi Pawenang, SE, MM
Dosen
FE UNIBA Surakarta
Membahas tentang ekonomi
manajerial, ekonomi manajerial merupakan penerapan teori ekonomi dan segala
alat analisis ilmu keputusan. Ilmu ini membahas tentang bagaimana suatu
organisasi atau bisnis dapat mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan
efisien.
Membahas ekonomi tak lepas dari hal konsumsi (C), investasi (I) dan pengeluaran(G), serta
ekspor impor(X-M) sebagai tambahan. Dengan rumusan Y = C + I + G + (X-M)
Tujuan dari Ekonomi
Manajerial ada 4, yaitu:
•
Efektifitas dan Efisiensi Produksi
•
Pengaturan dan Strategi
•
Penyeimbangan Supply dan Demand
•
Peningkatan Penjualan
Dimana tujuan dari keempat ekonomi manajerial tersebut untuk
mencapai atau memperoleh laba perusahaan yang akan dibahas dalam bahasan
ekonomi manajerial.
Bahasan dari ekonomi manajerial sendiri ada 4, sebagai
berikut:
•
Teori Produksi
•
Teori Konsumsi
•
Teori Laba
•
Estimasi Pasar
Yang akan dibahas kali ini adalah laba. Cara memperoleh laba
melalui pengendalian biaya. Dengan cara sebagai berikut:
•
Melakukan
Klasifikasi Biaya:
- Biaya Tetap dan Biaya Variabel
- Biaya Operasional-Biaya non Operasional
- Biaya relevan- biaya irrelevan
- biaya langsung-biaya tak langsung
- Biaya Tetap dan Biaya Variabel
- Biaya Operasional-Biaya non Operasional
- Biaya relevan- biaya irrelevan
- biaya langsung-biaya tak langsung
•
Melakukan
pengendalian biaya dengan tepat
Dimana biaya-biaya tersebut tak
lepas dari biaya tetap dan biaya variable. Untuk dapat mengetahui besaran biaya
yang dikeluarkan, dapat melalui 3 hal, yaitu Rantai Pasokan (Supply Chain), Rantai
Nilai (Value Chain), dan Rantai Biaya (Cost Chain).
·
Rantai supply perusahaan
Pemasok > Bahan Mentah > Proses Bisnis Internasional > Bahan Jadi > Konsumen
·
Rantai nilai produksi
Riset
Desain
Uji Coba
Produksi
Pemasaran
Distribusi
Pelayanan
·
Rantai biaya
Pemasok > Gudang > Proses Produksi > Gudang > Konsumen
Peran
gudang disini merupakan salah satu masalah pembengkakan dana. Oleh karena itu
untuk mereduksi biaya, bias digunakan system langsung produksi dan langsung ke
konsumen tanpa melalui gudang. Karena gudang merupakan salah satu sumber
pemborosan biaya.
Komentar
Posting Komentar