Praktik Ekonometrika Uji SPSS

www.uniba.ac.id


Disusun oleh:

Ana Tyas Yuliasari
2016020159
A3 Manajemen


Dosen Pengampu: Dr. Supawi Pawenang, SE, MM





  1. Uji Validitas
Tanggung jawab

Interpretasi Hasil Uji Validitas Variabel Tnggung Jawab:
Hasil uji validitas pada variabel tanggung jawab menunjukkan 3 dari 6 instrumen dinytatakan valid karena rhitung lebih dari rtabel (rhitung >0,444). dengan demikian butir-butir pertanyaan dalam variabel Tanggung Jawab layak digunakan sebagai instrumen penelitian. 

Disiplin kerja

Interpretasi Hasil Uji Validitas Varibel Disiplin kerja:
Hasil uji validitas pada variabel tanggung jawab menunjukkan 3 dari 6 instrumen dinytatakan valid karena rhitung lebih dari rtabel (rhitung >0,444). dengan demikian butir-butir pertanyaan dalam variabel Tanggung Jawab layak digunakan sebagai instrumen penelitian.


Inisiatif


Interpretasi Hasil Uji Validitas Varibel Inisiatif:
Hasil uji validitas pada variabel tanggung jawab menunjukkan 3 dari 6 instrumen dinytatakan valid karena rhitung lebih dari rtabel (rhitung >0,444). dengan demikian butir-butir pertanyaan dalam variabel Tanggung Jawab layak digunakan sebagai instrumen penelitian.


Kinerja Karyawan

Interpretasi Hasil Uji Validitas Variabel Dependen:
Hasil uji validitas pada variabel tanggung jawab menunjukkan bahwa semua instrumen dinytatakan valid karena rhitung lebih dari rtabel (rhitung >0,444). dengan demikian butir-butir pertanyaan dalam variabel Tanggung Jawab layak digunakan sebagai instrumen penelitian.


  1. Uji Reliabilitas
Scale: ALL VARIABLES

Interpretasi Hasil Uji Reliabilitas:
Hasil uji reiabilitas menunjukkan bahwa nilai ronboach's alpha instrumen variabel kinerja karyawan lebih dari 0,600. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pernyataan yang digunakan dalam instrumen variabel reliabilitas adalah reliabel atau handal untuk digunakan sebagai alat ukur varibel.


  1. Statistik Deskriptif

Interpretasi Hasil Uji Statistik Deskriptif:
  • Tanggung jawab memiliki nilai terendah sebesar 19 dan memiliki nilai tertinggi 26. Sedangkan nilai rata-rata Tanggung Jawab sebesar 22,90 dengan standar deviasi 1,861
  • Disiplin kerja memiliki nilai terendah sebesar 19 dan memiliki nilai tertinggi 27. Sedangkan nilai rata-rata Disiplin kerja sebesar 23,75 dengan standar deviasi 2,447.
  • Inisiatif memiliki nilai terendah sebesar 18 dan memiliki nilai tertinggi 33. Sedangkan nilai rata-rata Inisiatif sebesar 26,85 dengan standar deviasi 2,978.
  • Kinerja Karyawan memiliki nilai terendah sebesar 15 dan memiliki nilai tertinggi 21. sedangkan nilai rata-rata Kinerja Karyawan sebesar 17,60 dengan standar deviasi 1,465.


  1. Uji Asumsi Klasik
1.      Uji Normalitas
Interpretasi Hasil Uji Normalitas 1-KS test:
Interpretasi hasil uji Normalitas dengan menggunakan kolmogrof –smirnov menunjukkan  nilai kolmogrov-smirnov Z sebesar 0,394 dan nilai Asymp.sig sebesar 0,998 lebih dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model regresi  berdistribusi normal.



2.      Uji Multikolinearitas
Interpretasi Hasil Uji Multikolinearitas:
Hasil uji multikolinearutas dapat diketahui  bahwa seluruh variabel independen memiliki nilai Tolerance lebih besar dari dari 0,10 dan nilai Variance Inflation Factor (VIF) lebih kecil dari 10 sehingga dapat disimpulkan  bahwa model regresi  pada penelitian ini tidak terjadi multikolinearitas.


3.      Uji Heteroskedastisitas
Interpretasi Hasil Uji Heteroskedastisitas:
Hasil perhitungan pada uji heteroskedastisitas ada p value kurangdari kurangdari 0,05. Hal ini mnunjukkan terdapat gangguan heteroskedastisitas  yang terjadi dalam proses  estimasi parameter  model penduga . jadi secara keseluruhan daoat disimpulkan  bahwa terdapat masalah pada heteroskedastisitas dalam penelitian ini.


4.      Uji Autokolerasi
Interpretasi Hasil Uji Autokolerasi:
diperoleh nilai DW SEBESAR 1,362. Berdasarkan tabel Durbin Watson dengan K= 3 dan n= 20 maka diperoleh du=0,9976dan 4-du =2,3237. Hal ini menunjukkan bahwa  nilai DW du<d<4-du (1,6763<1,770<2,3237) yang berarti model dalam penelitian ini telah terbebas dari Autokorelasi.


  1. Analisis Regresi Linear


Interpretasi Hasil Uji Regresi Linear:


KK=13,545 + 0,141TG - 0,145DI + 0.159IN
            Nilai konstanta sebesar 13,545  menunjukkan bahwa apabila tanggung jawab, disiplin, dan inisiatif sama dengan  13,545 maka kinerja karyawan  sebesar 13,545

Besarnya nilai koefisien variabel tanggung jawab sebesar 0,141 dengan nilai positif, menunjukkan  apabila tanggung jawab  mengalami peningkatan  maka nilai kinerja karyawan  akan mengalami kenaikan dan sebaliknya  apabila tanggung jawab mengalami penurunan  maka nilai kinerja karyawan akan menurun
Besarnya nilai koefisian variabel disiplin -0,145 dengan nilai negatif, menunjukkan apa variabel disiplin kerja  mengalami peningkatan maka nilai kinerja karyawan akan mengalami kenaikan dan sebaliknya apabila disiplin kerja mengalami penurunan maka nilai kinerja organisasi akan mengalami penurunan.
Besarnya nilai koefisien  variabel inisiatif sebesar 0,159 dengan nilai positif, menunjukkan apabila variabel pelatihan kerja mengalami peningkatan maka kinerja karyawan akan mengalami kenaikan dan sebaliknya apabila inisiatif mengalami penurunan  maka nilai kinerja karyawan akan mengalami penurunan


  1. Uji Ketepatan Model
1.      Uji F
Interpretasi Hasil Uji F
Hasil  perhitungan regresi diperoleh dari F hitung sebesar 1,446 dengan nilai probabilitas 0.000 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa model penelitian ini adalah fit. Hal in menunjukkan bahwa seluruh variabel  tanggung jawab, disiplin dan inisiatif  berpengaruh secara simultan  terhadap kinerja karyawan. Sehingga model regresi dapat digunakan  dalam penelitian ini.


2.      Uji Koefisien Determinasi
Interpretasi Hasil Uji Koefisien Determinasi
Hasil perhitungan koefisien  determinasi  pada analisis regresi linier berganda  diperoleh nilai  Adjisted R Square sebesar 0,66.  Hal ini menunjukkan bahwa variabel  tanggung jawab, disiplin dan inisiatif  mampu menjelaskan variasi  dari variabel  dependen yaitu kinerja karyawan  sebesar 64,6% sedangkan  sisanya yaitu  35,4% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain diluar model.


3.      Uji t
Interpretasi Hasil Uji t
Hasil pengujian  hipotesis 1 menunjukkan  nilai t hitung sebesar 0,751 dengan dengan signifikansi  sebesar 0,463 (p>0,05). Hal ini berarti bahwan tanggung jawab berpengaruh  terhadap kinerja karyawan . Dengan demikian hipotesis 1 diterima.
Hasil pengujian  hipotesis  2 menunjukkan nilai t hitung  sebesar 0,986 dengan signifikansi  sebesar 0,339. Hal ini berarti bahwa disiplin  berpengaruh  terhadap kinerja karyawan . Dengan demikian hipotesis 1 diterima.
Hasil pengujian  hipotesis  3 menunjukkan nilai t hitung  sebesar 1,394 dengan signifikansi  sebesar 0,182. Hal ini berarti bahwa inisiatif  berpengaruh  terhadap kinerja karyawan . Dengan demikian hipotesis 1 diterima.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekonomi Manajerial